Powered by Blogger.

Tips Menjaga Wajah Tetap Mulus dan Bebas Jerawat


Remaja adalah fase dimana seseorang butuh dengan penampilan serba sempurna. Karena pada fase inilah biasanya seseorang ingin terlihat menarik pasangan atau lawan jenisnya. Tak hanya dari pakaian, kondisi fisik, termasuk wajah yang mulus juga biasanya menjadi modal yang penting untuk eksistensi diri.
Wajah yang mulus dan sehat tentu akan menimbulkan rasa percaya diri seseorang. Tapi sayangnya, pada fase yang sama ini jugalah masalah jerawat juga muncul. Tak jarang, seseorang yang memiliki persoalan jerawat mengalami penurunan rasa percaya diri dengan rekan-rekan sebayanya. Bahkan, saking malunya, mereka menjadi kurang bersosialisasi dengan orang-orang di sekitarnya.
Wajar saja, karena wajah merupakan bagian tubuh yang menjadi perhatian utama saat tengah berinteraksi dengan orang lain. Namun, pada saat yang bersamaan kulit wajah cenderung sensitif dibandingkan bagian kulit lain yang imbasnya adalah mudah sekali terkena jerawat atau flek-flek hitam.
Penyebab jerawat bisa bermacam-macam, mulai dari faktor genetis, stress,  hingga pola makan yang tidak sehat. Namun, tidak ada penyakit yang tidak bisa diobati. Nah, berikut ini adalah beberapa anjuran yang berguna mencegah dan mengobati persoalan jerawat.
  1. Madu memiliki banyak khasiat penyembuhan dan pembersihan. Pori-pori wajah dapat dibuka dengan mencuci wajah dengan air dan mengoleskan madu setelahnya. Lalu, tunggu beberapa menit sebelum dibilas dengan air hangat. Setelah itu, bilas wajah dengan air dingin guna menutupi pori-pori yang terbuka.
  2. Cuci wajah setidaknya dua kali sehari di pagi hari dan sebelum tidur. Cuci lebih sering pada musim panas untuk mencegah minyak terakumulasi pada wajah. Dianjurkan mencuci wajah dengan air hangat sebelum menerapkan sabun karena air hangat membuka pori-pori di kulit sehingga memungkinkan penetrasi sabun yang mendalam pada kulit.
  3. Toning wajah. Kebanyakan orang lupa memberikan toning pada wajah. Toning penting untuk membersihkan sisa pembersih wajah.
  4. Berikan pelembab pada wajah. Orang dengan kulit berminyak harus menggunakan pelembab bebas minyak. Sedangkan orang yang memiliki kulit kering harus menggunakan krim dengan pelembab ekstra.
  5. Perbanyak makan buah-buahan segar, serta suplemen vitamin, kromium, dan zinc (seng) jika diperlukan.
  6. Hindari memakai make-up tebal, terutama pada remaja. Pilih make-up yang berbahan dasar/berpelarut air, alih-alih berpelarut minyak.
  7. Minum sedikitnya 10 gelas air dalam sehari. Air adalah pembersih alami dan terbaik karena membantu mengeluarkan racun dari tubuh.
  8. Jangan menggunakan produk minyak seperti minyak rambut atau hair spray pada rambut. Saat rambut mengenai wajah, minyak akan ikut tertransfer ke wajah dan bisa menimbulkan jerawat.
  9. Jangan memencet jerawat.selain proses penyembuhan jerawat menjadi lebih lama, tindakan ini hanya akan meninggalkan bekas permanen pada wajah

0 comments:

Post a Comment

please don't spamming.

 
Copyright © 2011 Belum Ada Judul | Themes by ada-blog.com.