Powered by Blogger.

Cara Belanja Bijak Menjelang Natal


6 Cara Belanja Bijak Menjelang Natal
HARI raya Natal tinggal beberapa hari lagi. Kini saatnya mempersiapkan hadiah Natal bagi orang-orang terkasih. Tapi hati-hati, jangan sampai Anda menghabiskan akhir tahun ini dengan gigit jari karena dompet terlanjur jebol.
Apa saja yang harus diingat saat berbelanja untuk hari raya? Simak tips berikut ini.
1. Buat daftar belanja
Sebelum berbelanja untuk hadiah Natal, terlebih dulu persiapkan daftar penerima kado dan isinya. Jangan lupa estimasi harga dari setiap item hadiah agar Anda dapat mempersiapkan budget sejak awal. Hindari memilih hadiah secara spontan di tempat belanja untuk menghindari jebolnya anggaran belanja.
Membuat daftar belanja juga penting bagi Anda yang akan membuat acara makan malam di rumah. Siapkan menu yang akan dihidangkan, apa saja bahan-bahannya dan berapa estimasi harganya, serta berapa orang yang akan datang saat makan malam, agar tidak ada makanan yang tersisa dan mubazir.
2. Pilih cash, hindari kredit
Hal terpenting saat berbelanja ialah menghindari godaan kredit. Pensiunkan sementara kartu kredit Anda dan siapkan uang tunai untuk berbelanja. Kartu kredit memang praktis, tapi Anda juga harus ingat berapa nominal yang Anda bayar setiap bulannya demi melunasi utang kredit.
3. Simpan struk belanja
Sebagian orang memilih untuk membuang struk belanja, sebagian lagi bahkan tidak mengambilnya di meja kasir. Menyimpan struk belanja dapat membuat Anda lebih teliti dalam menelusuri kemana saja uang Anda pergi.
4. Buat perbandingan
Belanja di toko A lebih murah daripada toko B? Toko C punya stok lebih banyak daripada toko D? Mencari bahan perbandingan sebelum berbelanja dapat membuat Anda lebih hemat dan lebih mudah mendapatkan barang-barang yang Anda inginkan.
5. Jangan tergoda diskon
Begini cara toko-toko menipu Anda lewat diskon. Sebelum musim belanja dimulai, harga-harga akan dinaikkan secara bertahap hingga konsumen tidak menyadari adanya kenaikan. Menjelang hari raya dimana pusat perbelanjaan saling bersaing membuat diskon, harga-harga akan diturunkan hingga ke harga normal atau justru lebih mahal dari harga asli. Jadi, tahan nafsu belanja Anda di tengah serangan diskon!
6. Gunakan apa yang Anda punya (bukan sebaliknya)
Anda dijanjikan akan mendapat bonus akhir tahun dari kantor? Usahakan untuk tidak berbelanja sebelum bonus sudah di tangan atau tetap berbelanja dengan budget semula. Hindari menghabiskan uang melebihi anggaran dengan iming-iming bonus akhir tahun akan menggantikan pengeluaran Anda. Jika bonus tak jadi diberikan, wah, bisa bahaya. Lebih baik gunakan bonus Anda untuk kepentingan lain atau ditabung saja.

0 comments:

Post a Comment

please don't spamming.

 
Copyright © 2011 Belum Ada Judul | Themes by ada-blog.com.